Pemkot Bandung Bekerjasama dengan TACB Memelihara Heritage

Pemkot Bandung Bekerjasama dengan TACB Memelihara Heritage

Pemerintah Kota Bandung akan bekerjasama dengan Team Pakar Cagar Budaya (TACB) untuk pelihara serta melestarikan beberapa bangunan sebagai asset cagar budaya di Kota Bandung, Karena itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana minta Dinas Kebudayaan Pengeluaran Sgp serta Pariwisata (Disbudpar) Dinas Tata Ruangan (Distaru) supaya lakukan kolaborasi itu.  “Kita harus bersinergi supaya bangunan cagar budaya masih berdiri kuat,” katanya, Minggu (1/9).

Dengan sinergisitas di antara pemerintah serta team pakar, Yana optimistis, bangunan ‘Heritage’ yang menyebar di Kota Bandung dapat dipertahankan,  “Penting terdapatnya ‘maping’ agar semua tahu bangunan cagar budaya yang berada di Kota Bandung,” katanya.  Selain itu, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari akui, sekarang ada pengembang nakal yang ingin merubah bangunan heritage. Walau sebenarnya Kota Bandung sudah mempunyai Ketentuan Wilayah (Perda) Kota Bandung Nomer 7 tahun 2018 mengenai Pengendalian Cagar Budaya.
“Untuk menahan itu, Perda yang baru memang seharusnya kita sosialisasikan.

Baca juga : 3 Strategi Jitu Jual Beli Toko Online yang Ramai dan Banyak Pembeli

Ada juga aplikasi pemetaan bangunan atau lokasi mana saja yang masuk cagar budaya,” tuturnya sambil menyebutkan, di Kota Bandung ada seputar 1.700 bangunan cagar budaya.
Sedang Ketua TACB Kota Bandung, Harastoeti mengemukakan, satu diantara triknya supaya bangunan cagar budaya seperti aslinya yakni dengan mengedukasi warga. Warga harus tahu jika bangunan cagar budaya tetap harus seperti aslinya.

“Prinsip kita membuat perlindungan, meningkatkan serta manfaatkan. Kita beri konsultasi bahkan juga instruksi yang sesuai dengan. Harus ada pengawasan terintegrasi, sebab tidak cuma Disbudpar saja. Faksi lain harus juga masuk mengamati cagar budaya,” harapnya. (K34)