Pengumuman! Bikin Izin Usaha Perdagangan Online Gratis

Kementerian Perdagangan memberi stimulan pada aktor usaha perdagangan online yang belum mempunyai izin usaha. Stimulan yang diberi ialah tidak terdapatnya pungutan ongkos alias gratis buat aktor usaha yang ingin membuat izin usaha. Kementerian Perdagangan sendiri mulai mengharuskan semua aktor usaha perdagangan online mempunyai izin. Hal tersebut sesuai Ketentuan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 mengenai Perdagangan Lewat Skema Elektronik (PMSE).

“Online itu tidak ada pungutan, jika ada bermakna tidak dimudahkan tanpa pungutan serta dipercepat, sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi izin usaha harus dipermudah khususnya dalam soal yang terkait dengan export,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12/2019). PP 80 Tahun 2019 ini mengendalikan masalah keharusan beberapa aktor usaha atau pedagang online untuk mempunyai izin usaha. Agus menjelaskan beberapa aktor dapat memprosesnya lewat skema perizinan berupaya terpadu dengan elektronik atau online single submission (OSS).

Baca juga : Punyai Gagasan Naik Kapal Pesiar, Ini Yang Paling Baik 2019

“Kelak itu kita memudahkan sebab kita mendaftar izin ini tidak harus hadir, jadi ada online semua pada intinya semacam itu,” tuturnya. Kementerian Perdagangan sendiri minta pada semua aktor usaha perdagangan online untuk mendaftarkan lagi. Dimana, buat aktor usaha besar seperti marketplace cuma tunjukkan surat izin usaha perdagangan (SIUP) serta buat aktor usaha perseorangan cuma cukup tunjukkan ktp (KTP).

Sedang buat aktor usaha online yang belum mempunyai izin usaha benar-benar, Agus akui persyaratannya akan tertuang dalam ketentuan turunan PP Nomor 80 Tahun 2019. Agus minta pada aktor usaha yang sedang mengatur proses izin usaha menjumpai masalah seperti terdapatnya kesusahan sebab pelaku selekasnya diadukan pada Kementerian Perdagangan. “Jika ada kesusahan dengan pelaku tolong diadukan. (Sanksinya) itu kan telah ada ketentuannya dalam KUHP dan lain-lain, ada ketentuan tertentu serta itu sisi dari sangsi serta ketentuannya,” papar ia.